Ujian untuk sebuah keikhlasan

Hari minggu kemarin ada seorang teman kerumah. Dia bercerita banyakk tentang aktivitasnya sebagai seorang guru honorer di sebuah sekolah dasar. Dia mulai mengajar sebagai guru honorer sejak hampir 6 tahun yang lalu.

Sebagai guru honorer dia sangat sadar bahwa dia tidak akan mendapatkan salary yang besar seperti orang lain yang kerja di industri. Tapi dia sadar bahwa ini adalah panggilan batin untuk berbakti dan mengabdi berbagi ilmu kepada orang lain dan dia coba menanamkan keyakinan yang kuat bahwa rejeki ada di tangan tuhan. Akhirnya tanpa terasa 6 tahun sudah dia mengabdi sebagai guru dan dia menjalani semuanya dengan ikhlas.

Hingga suatu hari ada pengumuman pemberian tunjangan kepada guru honorer. Dan ternyata dia bukanlah orang yang beruntung, namanya tidak termasuk dalam guru honorer yang masuk daftar orang mendapatkan tunjangan. Padahal orang yang belum 3 tahun jadi guru honorer pun mendapatkan tunjangan. Akhirnya dia berkata dalam hati, apakah selama ini dia tidak diperhatikan, ataukah selama ini keikhlasannya di anggap angin lalu saja.

Dan ternyata hal itu sempat membuatnya berpikir ulang untuk mengabdi, karena sebuah ketidakadilan itu sangat mengusik keikhlasan yang selama ini bersemayam dengan tenang dalam hatinya.

Temanku itu sungguh bijaksana, baginya ketidakadilan itu hanya ujian untuk keikhlasannya. Biarlah Allah yang akan menjawabnya. Toh dengan pendapatannya sekarang dia sudah bisa hiup dan membiayai kuliahnya. Dan ternyata benar, sumber rejeki itu tidak hanya datang dari kerjaannya sebagai guru honorer, masih ada pintu rejeki yang lain yang memberi dia pendapatan yang cukup. Bahkan nilainya lebih besar dari nilai tunjangan yang didapat rekan-rekannya sesama guru honorer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s