Long Life Education

Setiap hari dalam hidup kita selalu ada kejadian dan peristiwa. Sungguh banyak dan mungkin  kita tak pernah menghitungnya. Seandainya saja kita sadar bahwa apa yang kita alami setiap harinya adalah ilmu dan kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut, maka mungkin saat ini kita akan jauh lebih baik dari sekarang. Dan hanya sebagian orang saja yang bisa belajar dari kehidupannya sendiri juga dari kehidupan orang lain di sekelilingnya.

Ada yang mengatakan bahwa kehidupan adalah sebuah sekolah dan pengalaman adalah filsafat yang mengajarkan dengan contoh. Jika setiap kali menemukan masalah terus introspeksi diri dan menganalisa sebab, akibat dan mengambil solusi dari masalah yang ditemui makamenurut saya itu yang maksud “long life education”. Karena belajar bukan hak seorang pelajar dan mahasiswa saja. Semua orang punya hak untuk belajar. Seorang petani akan terus belajar bagaimana cara mendapatkan hasil panen yang melimpah, seorang nelayan akan belajar cara menaklukan laut dan mendapatkan ikan yang banyak. Bahkan binatang sekalipun selalu belajar setiap harinya. Dengan nalurinya binatang bisa mengetahui, kalo hari ini dia terperosok dijalan A, maka besok dia akan lebih hati atau bahkan dia beralih ke jalan B.

Dan belajar itu sungguh sangat kompleks. Dan dimana pun dan kapan pun kita harus selalu lebih baik walaupun tidak menjadi yang terbaik (syukur-syukur jadi yang terbaik ) dalam setiap langkah hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s