Copyleft

copyleftsvg.pngCopyleft merupakan salah satu cara untuk membuat suatu program menjadi free software dimana hak ciptanya menjamin para pengguna dalam memodifikasi dan mendistribusikan kembali perangkat lunak tersebut dengan ketentuan-ketentuan yang ada, Sehingga hasil modifikasi dari program copyleft ini, harus dapat memberikan kebebasan kembali untuk menggandakan dan mengubah program tersebut bagi para pengguna lainnya.

Seringkali orang menyamakan Copyleft ini dengan free software. tetapi sebenarnya pengertian copyleft berbeda dengan free software. Copyleft sebenarnya merupakan suatu konsep tentang penggandaan program secara bebas sedangkan free software merupakan suatu “barang”

Copyleft memiliki persamaan dengan copyright yaitu memilki hak cipta. Namun dalam penerapannya kedua metoda ini saling bertolak belakang. Pada copyright,para pengguna dapat menggunakan hak ciptanya tetapi kebebasan untuk sharing dibatasi, sebaliknya copyleft menjamin kebebasan para pengguna untuk melakukan sharing sehingga hasil penggandaan suatu program copyleft bukan suatu tindak pembajakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s