Alternatif Solusi Intranet berbasis Open Source

Plone merupakan solusi open source untuk Content Management System (CMS). Aplikasi ini merupakan salah satu Collaborative Tools terbaik untuk intranet berskala enterprise. Fitur-fitur yang diusung oleh Plone termasuk sebuah sistim management content skala Enterprise-Level, Workflow Engine, Role-based membership dan juga sebuah mesin pencari. Hal ini membawa keuntungan bagi enterprise intranet anda dalam hal Information Sharing.

Aplikasi CMS Open Source ini dapat meng-handle beberapa fungsi standar CMS. Tetapi sebagai catatan, bila hanya fungsi-fungsi dasar itu yang anda inginkan, terdapat aplikasi yang lebih kecil dan ringan seperti Drupal dan Mambo. Plone sendiri lebih “pas” untuk diimplementasikan pada skala yang lebih besar dimana terdapat jumlah pemakai yang besar dan organisasi memerlukan pengembangan aplikasi customize.

Workflow engine yang diusung Plone memungkinkan pengguna untuk memindahkan dokumen-dokumen tanpa melalui mekanisme attachment pada email. Para pengguna Plone dapat bekerja secara bersama-sama pada banyak jenis content melalui antar muka Plone. Aplikasi ini mudah digunakan dan dapat meng-handle banyak pemakai secara bersamaan. Para pengguna tanpa skill teknis akan menemui bahwa antar muka Plone dengan mudah dapat mengupdate content tanpa melibatkan unsur HTML. Para penggunanya dapat menambahkan jenis-jenis content seperti Events, News, Links, Documents, Files maupun Foto melalui interface berbasis web. Sedangkan sang Administrator dapat menambahkan banyak jenis content baru yang juga melalui web interface.

Selain itu, Plone juga mengusung suatu mini-version visual editor dengan sebutan kupu. Fungsi Advance Publishing yang ada memungkinkan penguna untuk menyiapkan bahan pekerjaan bisnis maupun penjadwalannya yang akan dipublish pada waktu mendatang. Sang arsitek Plone, Alan Runyan dan Alexander Limi merupakan personil pada proyek Phyton-based Application Server – Zope. Zope merupakan sebuah platform yang powerful untuk membangun aplikasi Content Management. Dengan demikian selain memiliki antar muka yang user-friendly, Administrator dapat melakukan konfigurasi Plone melalui Zope Management Interface (ZMI). Dan pemakai dapat melakukan update maupun pertukaran file melalui ZMI, WebDAV dan FTP.

Demikian salah satu alternatif solusi intranet handal yang berbasis open source. Banyaknya produk-produk software Internet-based ini merupakan salah satu indikasi bahwa sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi IT dan Internet untuk operasi bisnis yang dilakukan. Tidak perduli apapun jenis bisnis yang dijalankan. Konsultasikan pada kami untuk Eksplorasi Potensi Internet yang High Performance @ Lower Cost.

1 thought on “Alternatif Solusi Intranet berbasis Open Source”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s