DR. Rasyad Khalifah

Minggu kemarin saat mata kuliah Agama, dosen saya mengulas DR. Rasyad Khalifah. DR Rasyad Khalifah, cendikiawan Mesir yang tinggal di Amerika, telah mengadakan riset terhadap al Quran dengan menggunakan komputer yang canggih, untuk menghitung jumlah kata-kata, kalimat bahkan huruf yang terdapat dalam Al Quran. Hasil risetnya kemudian menghasilkan Buku “Miracle of The Quran”, yang diterbitkan Islamic Production International in St. Louis mo USA. Silahkan pesan buku tersebut yang beredar luas di AS. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa :

* Surat Qaf. yaitu surat pendek diawali hanya dengan huruf Qaf.

Kita hitung huruf Qaf yang ada pada surah ini, dimana kita akan menemukan sebanyak 57 huruf. Kemudian kita ambil surat Asyura yang panjang nya dua kali lipat surat Qaf dimana huruf Qaf itu sebanyak 57 pada awalannya. Baiklah kita jumlah 57+57=114 angka ini merupakan jumlah surat dalam Al Quran.

* Surat Ar-Ra’ad (13). Surat ini dibuka dengan huruf “Alif laam miim raa”. Kebanyakan ulama menyandarkan rangkaian huruf ini kepada Allah, Hanya Allah yang tahu maksudnya. Tetapi setelah dihitung dengan komputer yang canggih menunjukan bahwa surat itu mengandung huruf terbanyak dengan urutan sebagai berikut : Alif 625 huruf, laam 479 huruf, mim 260 huruf, raa 137 huruf. Itulah jumlah huruf terbanyak dalam surat yang diawali huruf alif laam miim raa itu. Apakah ini suatu kebetulan? Mungkinkah Muhammad saw yang mengarang Al Quran? Mungkinkah Muhammad saw berpikir bahwa saya akan mengarang suatu surat diawali huruf alif laam miim raa dan itulah huruf-huruf terbanyak dalam surat itu? Hanya Allah saja yang mampu berbuat demikian.

* Surat Al Baqarah (2). Surat ini dibuka dengan huruf “Alif laam miim”. Setelah dihitung dengan komputer hasilnya adalah Alif sebanyak 4592 huruf, Laam sebanyak 3204 huruf, dan miim sebanyak 2195 huruf. Itulah huruf terbanyak dalam surat Al Baqarah.

* Surat Ali Imran (3). Surat ini dibuka dengan huruf “Alif laam miim”. Setelah dihitung dengan komputer hasilnya adalah Alif sebanyak 2578 huruf, Laam sebanyak 1885 huruf, dan miim sebanyak 1251 huruf. Itulah huruf terbanyak dalam surat Al Imran.

* Surat Al ankabut (29). Surat ini dibuka dengan huruf “Alif laam miim”. Setelah dihitung dengan komputer hasilnya adalah Alif sebanyak 784 huruf, Laam sebanyak 554 huruf, dan miim sebanyak 344 huruf. Itulah huruf terbanyak dalam surat Al Ankabut.

* Surat Ar Rum (30). Surat ini dibuka dengan huruf “Alif laam miim”. Setelah dihitung dengan komputer hasilnya adalah Alif sebanyak 547 huruf, Laam sebanyak 396 huruf, dan miim sebanyak 318 huruf. Itulah huruf terbanyak dalam surat Ar Ruum.

* Demikian juga Alif laam miim shaad pada surat al a’raf (7). Itulah urutan jumlah terbesar dalam surat itu.

* Pada surat Tha Haa, huruf Thaa dan Haa sebagai huruf terbanyak diantara surat-surat yang turun di Mekkah.

* Huruf kaaf haa yaa ‘aiin shaad pada awal surat Maryam merupakan huruf terbanyak dalam surat itu, bahkan lebih banyak daripada yang dikandung surat-surat Al Quran lainnya yang turun di Mekkah.

* Surat-surat yang bermula dengan huruf alif laam raa seperti surat Ibrahim (14), Yunus (10), Hud (11), Yusuf (12) dan Al Hijr (15), jika ketiga huruf itu digabung, akan merupakan angka yang terbesar.

Itulah keagungan al quran dalam hal perimbangan kata-kata maupun huruf-hurufnya, yang hal itu tidak mungkin di jumpai dalam kitab manapun di dunia ini.

“Allahlah yang menurunkan Kitab (Al Quran) dengan kebenaran dan timbangan”. QS 42:17.

10. Tiada suatu bacaan pun selain Al Quran yang mempunyai perimbangan kata-kata yang sangat mengagumkan.

Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan antonimnya.

* Al hayah / kehidupan dan al maut / kematian masing-masing sebanyak 145 kali tersebut dalam Al quran.

* An naf / manfaat dan al fasad / kerusakan masing-masing 50 kali tersebut.

* Al har / panas dan al bard / dingin masing-masing tersebut 4 kali dalam Al Quran.

* Ash shalihat / kebaikan dan as sayyiat / keburukan masing-masing 167 kali.

* Al kufr / kafir dan al iman / iman masing – masing 17 kali.

* Ash shaif / musim panas dan asy syita’ / musim dingin masing-masing 1 kali.

* Ar rahbah / cemas, takut dan ar raghbah / harap, ingin masing -masing 8 kali.

Itulah salah satu contoh keseimbangan kata-kata dalam Al Quran. jika belum puas silahkan merujuk pada buku “Miracle of The Quran” oleh Rasyad Khalifah.

Tapi hari ini saya menemukan sebuah artikel di salah satu blog yang menuliskan bahwa Dr. Rasyad adalah seorang ingkar sunnah.

4 thoughts on “DR. Rasyad Khalifah”

  1. Betul sekali, Rasyad Khalifah adalah tokoh ingkar sunnah sejati.
    Sayang sekali kepandaiannya bukannya mempertebalkan keimanannya namun malah membuatnya besar kepala. Terbukti benar sekali bahwa ayat2 seperti Aliflammin, Qof, Shod dll adalah ayat mutasyabihat yang tidak perlu dicari takwilnya.
    Mulanya saya kagum pada temuan’19’ nya .. namun ternyata ini awal petaka. Saudari2 saya yang doyan ‘surfing’ akhirnya mengenal Rasyad Khlaifah. Saat ini saudari2 saya itu menganggap RK adalah Rasul !! Rasul palsu ini mengajarkan agar tidak mempercayai hadis, bahwa para sahabat telah memalsukan Al-Quran .. Astaghfirullah .. dan banyaklagi hal sesat lainnya .. saya sedih sekali karena ini benar2 dipercayai saudari2 saya. Mereka terus berusaha mempengaruhi saya … Ya Allah teguhkanlah imanku ..

  2. qs 4/82: depan nabi mereka mengatakan taat tapi dibelakang dibelakang mereka mengatakan apa-apa yang tidak disampaikan oleh nabi.

    siapakah orang disekitar nabi?
    nabi tdak tau kalo tdk diberi ilmu oleh Allah
    bagaimana analisa tentang ayat ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s