Metode Transmisi data dalam internet

REAPTER
metode koneksi yang peling dasar adalah koneksi melalui reapter.Reapter inilah yang mentransmisikan sinyal secara fisik. Reapter mengirimkan sinyal dan mengirimkan kembali sinyal balasan tanpa melakukan proses filtering(penyarigan) dan proses identifikasi lain. Reapter biasa digunakan untuk koneksi jaringan tunggal.

BRIDGE
Bridge digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, subnet, atau ring jaringan ke jaringan yang lebih luas. Bridge menangani beberapa titik jaringan. Paket akan diteruskan berdasarkan subnet tertentu untuk mengurangi kepadatan lalulintas data pada subnet.
Bridge jaringan basanya menggunakan toptlogi pohon. Ini berarti bahwa hanya ada satu jalan untuk berbagai tujuan transmisi atau paket data yang ditransmisikan aka menempuh beberapa jalur data yang berakibat pada keterlambatan transmisi data. Bridge jauh lebih canggih dari reapter, namun tidak secanggih router. Bridge bekerja pada lapisan data link, Router bekerja pada lapisan jaringan dan Reapter bekerja pada jaringan fisik.Bridge hanya bisa bekerja pada lapisan datalink sehingga tidak bisa melakukan transmisi dari satu protokol ke protokol lain.
Keuntungan dari Bridge adalah bisa mendukung beberapa protokol seperti NETBEUI dan LAT yang tidak bisa dilayani oleh router.
Kerugiannya adalah bahwa lapisa ini tidak bisa melalu jalur atau protokol yang berbeda, sedangkan router memiliki fasilitas tambahan untuk mencegah tumpang tidih transmisi daya yang ada.
Karena Bridge hanya meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan yang lain, maka kita bisa menggunakan jarigan dengan kcepatan 10 MBPS. Bridge hanya akan meneruskan transmisi dan tidak melakuka hal lain, seperti menerjemahkan komunikasi antar protokol.

ROUTER
Dalam lingkungan jaringan berbasis Windows NT, router membantu LAN dan WAN untuk dapat beroprasi dan terkoneksi dan dapat berhubungan antar Protokol jaringan. Router menyamakan header paket ke segment LAN dan memilih jalur komunikasi terbaik untuk paket dan melakukan proses optimisasi performasi komunikasi jaringan.
Pada lingkunga kerja Macintos, router sangat dibutuhkan utuk mentransmisi data antar lingkungan kerja. Router menyediakan mapping komunikasi antar lapisan fisik pada jaringan Macintos dan meneruskan data antara satu jaringan ke jaringan lainnya. Komputer berbasis Windows NT dengan kemampuan layanan bagi Macintos dapat bertindak sebagai router atau menyediakan router tambahan untuk berkomunikasi.

GATEWAY
Gateway dapat bekerja dalam berbagai macam lapisan OSI. Getway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan ke mainframe IMB, Mengkoneksikan DLC ke protokol jaringan seperti TCP/IP.
Ketika menjalankan gateway pada sistem operasi Novell Netware, Gateway bisa dijadikan sebagai media pembelajaran antara protokol jaringan Microsoft berbasis NetBeui dengan IPX/SPX.

PROXY
Proxy adalah metode penyipanan transmisi data dalam bentuk lain. Proxy bulkanlah pilihan yang baik untuk veliditas data. Disamping itu ,proxy masih memerlukan gateway untuk aplikasi antara protokol jaringan.

Sumber : bloggaul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s