Hari ibu untuk ibuku

Senin kemarin, 22 Desember 2008, bertepatan dengan hari Ibu yang peringati d Indonesia. Sementara di dinegara lain hari ibu atau Mothers Day dirayakan dibulan yang berbeda dengan Indonesia. Inilah salah satu bentuk penghormatan terhadap seorang Ibu yang memang memberikan jasa dan sumbangsih yang sangat besar bagi perabadan suatu bangsa.

Kemarin bagi saya juga adalah sebuah hari ibu yang sesungguhnya. Bertepatan dihari Ibu, Ibu saya sakit, malam seninnya badannya pas dingin dan tidak bisa tidur. Saya hampir tidak bisa tidur, saya dan istri berusaha semaksimal mungkin mengupayakan supaya demam ibu gak tinggi.

Paginya saya putuskan untuk tidak masuk kantor, pagi-pagi sekali setelah dibuatkan minum yang hangat dan juga sarapan bubur aku bawa ibu ke dokter. Setelah diperiksa ibu hanya demam biasa aja, katanya dengan istirahat dua sampe tiga hari aja akan sehat kembali,alhamdulillah.

Sebenarnya hari ibu tidak hanya pas tanggal 22 desember saja. Semua hari adalah hari-hari untuk berbakti kepada ibu dan juga bapak. Tapi tanggal 22 Desember adalah sebuah penghargaan dari negara terhadap perjuangan seorang ibu.

Dalam sejarahnya penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.Dan Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.

Dan pada akhirnya peringatan hanyalah sebuah seremonial untuk mengingatkan kita semua pada kewajiban untuk berbakti pada orang tua, terutama ibu.Karena jasa dan pengabdian seorang ibu tidak akan bisa terbalas dengan apapun.

Banyak sudah lirik lagu, puisi dan tulisan yang mendedikasikan nya untuk seorang ibu. Seperti lirik Lagu Iwan Fals dibawah ini.

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki, penuh darah… penuh nanah

Seperti udara… kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas…ibu…ibu

Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu
Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas…ibu…ibu….

Selamat hari Ibu untuk semua Ibu di Indonesia.

Leave a Reply

