Mengapa Obama Dilantik Pada 20 Januari?

Barack Obama dinyatakan menang dalam pemilihan presiden pada November tahun lalu. Namun tahukah anda mengapa inaugurasi atau pelantikan terhadap Obama dipilih pada tanggal 20 Januari.

Pelantikan Presiden Amerika Serikat sejak 1937 selalu dilakukan pada tanggal 20 Januari. Hal itu berdasarkan ratifikasi amandemen keduapuluh pada Undang-Undang Dasar Amerika Serikat mengubah masa bakti presiden dan wakil presiden sehingga dimulai pada tengah hari tanggal 20 Januari. Sebelumnya pelantikan dilakukan pada tanggal 4 Maret.

Pelantikan presiden yang dilakukan pada 4 Maret dilakukan mulai 1789 hingga 1937.

Presiden yang pertama kali dilantik pada tanggal 20 Januari adalah Frankin Rosevlt pada pelatikan keduanya pada tahun 1937. Franklin sendiri menjadi presiden Amerika Serikat sejak 1933-1945 dan tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya presiden yang terpilih empat kali berturut-turut.Franklin merupakan presiden Amerika Serikat ke-32.

Pelantikan Barack Obama kali ini diperkirakan dihadiri oleh 2 juta lebih masyarakat Amerika dan undangan.Pelantikan ini menjadi perhatian besar karena Obama adalah presiden Amerika Serikat kulit hitam pertama.

Sementara itu, Obama adalah presiden ke tiga yang berasal dari Illinois, setelah Abraham Lincoln presiden ke-16 (1861-1865) dan Ulysses S Grant presiden ke-18 (1869-1877).

sumber : http://international.okezone.com/ind…ada-20-januari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s