Kisah jalan desa ku

Awal tahun ini  masyarakat di kampung saya bisa sedikit merasakan perubahan dalam keseharian mereka. Berkat kerja keras warga dan bantuan PNPM Mandiri jalan desa dikampung saya yang panjangnya kurang lebih 1,8 KM akhirnya bisa diaspal. Masyarakat dengan susah payah memberikan bantuan swadaya hingga akhirnya terkumpul dana yang lumayan besar. Dan berkat gotong royong dan kebersamaan Januari tahun ini jalan sudah selesai diaspal.

Tapi ada sedikit sesal dalam hati saya, karena melihat kurangnya kepedualian warga dalam merawat jalan tersebut, padahal itu semua hasil sebuah kerja keras dan kebersamaan. Masih banyak warga yang membuang sampah ke selokan atau yang gak peduli ketika ada sampah mampet diselokan dibiarkan begitu saja, sehingga pada saat turun hujan akhir meluber ke badan jalan.

Genangan air dibadan jalan lambat lain akan membuat lubang-lubang diaspal dan itu akan melebar hingga jalan akan menjadi rusak. Alangkah baiknya jika kebersamaan warga disaat membangun tetap dipertahankan dalam hal perawatannya. Warga seharusnya punya rasa memiliki, ini adalah hasil karya dan keras bersama.Ini adalah milik kita dan kita lah yang harus menjaganya.

Coba banyangkan jika kita hanya menunggu dana APBD mungkin hingga kapan kita nggak tahu, bahkan ketika pak Wakil Bupati datang ke kampung kami warga mendesak beliau untuk mengalokasikan dana untuk pengaspalan jalan beliau tidak menyanggupi. Karena jalan ini bukan prioritas pemda karena bukan termasuk jalan kabupaten.

Semoga saja semua bisa menyadari akan kewajibannya masing-masing. Sehingga gotong royong dan kebersamaan bisa tetap menjadi sokoguru pembangunan, minimal dalam ruang lingkup dikampung kami.

Note :

Photo ini hanya ilustrasi saja, bukan photo jalan yg saya maksud dalam tulisan ini.

2 thoughts on “Kisah jalan desa ku”

  1. Assalamualaikum kang sata…

    Boleh tau nama kampung kang sata apa..? dan kira2 berapa jauh jaraknya dari kampung nyangegeng? maaf kang… saya memang tidak asing dengar nama jonggol karena nenek saya orang asli sana,,,tapi saya sendiri belum pernah kesana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s