Rencana Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor tahun 2013 Rp. 3,657 Triliyun

CIBINONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, tetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Tahun Anggaran 2013 menjadi Persetujuan Bersama Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2013.

Sidang Paripurna Penetapan Persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dengan Kepala Daerah itu, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor Rabu, (28/11), yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bogor H. Iyus Djuher, ditandai dengan penandatanganan berita acara persetujuan bersama dengan DPRD terhadap Rancangan APBD Tahun Anggaran 2013, yang akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat untuk dievaluasi.

“Saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah menuntaskan pembahasan  rencana program pembangunan ditahun 2013 yang akan datang” tandas Bupati Bogor H. Rachmat Yasin (RY) disela-sela berlangsungnya acara tersebut.

Menurutnya, terdapat beberapa program pembangunan strategis hasil pembahasan bersama dengan DPRD Kabupaten Bogor tersebut, diantaranya Penuntasan Pembangunan Gedung Olahraga di Pakansari, Pembangunan Gelanggang Olahraga Masyarakat dibeberapa Kecamatan, Revitalisasi RSUD Cibinong, Pembangunan Unit Sekolah Baru, Unit Gedung Baru dan Beberapa Ruang Kelas Baru, penambahan Pengadaan Obat Pelayanan Kesehatan Dasar, Peningkatan Jalan dan Jembatan, diberbagai titik, Peningkatan dan Rehabilitasi Daerah Irigasi, Penambahan Titik Sarana dan Prasarana Air Bersih Pedesaan, Pembangunan Sarana dan Prasarana Sanitasi Perdesaan, Penuntasan Pelaksanaan Perekaman Data Elektrionik KTP, Pembangunan Jaringan Irigasi Desa dan Jaringan Tingkat Usaha Tani, Pengembangan Budidaya perikanan, Upaya Peningkatan Kesejahteraan Guru melalui Penambahan Tunjangan Kesehatan Guru, Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur didesa melalui Penambahan Bantuan  Bantuan Infrastruktur Perdesaan, Penuntasan Pembangunan Pos Keamanan Desa, Penuntasan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, serta Pemberian Insentif bagi Kader Keluarga Berencana di Desa dan Kelurahan.

“Keseluruhan program pembangunan tersebut,hanyalah sebagian kecil dari sasaran yang menjadi target pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Bogor, sehingga harus dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Hal itu, mengingat kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas, dengan demikian sasaran jangka panjang tersebut tidak dapat dipenuhi dalam satu tahun anggaran saja”. Ujar RY.

Walaupun demikian, lanjut RY, hasil pembahasan rancangan APBD Tahun Anggaran 2013 telah diupayakan peningkatan kapasitas APBD, baik yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun sumber-sumber penerimaan lainnya.

Dikatakan RY, bahwasetelah  pembahasan bersama dengan DPRD Kabupaten Bogor,Rencana Pendapatan Daerah pada tahun 2013 yaitu sebesar Rp.3,657 Triliyun. Angka tersebut, terdapat kenaikan sebesar Rp. 383,088 Milyar atau naik 11,70 Persen. Jika dibandingkan dengan target yang diusulkan pada saat penyampaian Nota Keuanga,Kenaikan tersebut, bersumber dari seluruh komponen pendapatan daerah, baik PAD, dana Perimbangan maupun lain-lain pendapatan daerah yang sah.

“Apabila dibandingkan dengan realisasi pendapatan daerah Tahun 2009 yang hanya sebesar Rp. 2,178 Triliyun, maka terlihat dalam rentang waktu empat tahun terakhir telah terjadi peningkatan pendapatan daerah sebesar hampir dua kali lipat”.Tutur RY.

Adapun optimalisasi dari Pendapatan Daerah tersebut, tambah RY, digunakan untuk membiayai belanja daerah yang berdasarkan hasil pembahasan direncanakan sebesar Rp. 4,012 Triliyun, mengalami kenaikan sebesar Rp. 600,678 Milyar atau 17,61 Persen dibandingkan Rencana Belanja Daerah yang diusulkan pada penyampaian Nota Keuangan.

Dengan nilai belanja langsung sebesar Rp. 2,132 Triliyun, maka komposisinya dalam belanja daerah mencapai 53,15 persen atau lebih besar dari pada alokasi belanja tidak langsung yang hanya sebesar Rp. 1,879 Triliyun.

Selanjutnya, adapun alokasi belanja modal dalam komponen belanja langsung adalah sebesar Rp. 1,130 Triliyun, atau mencapai 53,02 persen dari total belanja langsung. Dengan alokasi belanja modal yang sangat besar tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak signifikan dalam upaya mendongkrak roda perekonomian masyarakat Kabupaten Bogor.

Disisi lain, pembiayaan daerah sebagai salah satu komponen APBD, juga mengalami peningkatan signifikan, baik dalam komponen penerimaan pembiayaan maupun pengeluaran pembiayaan.

Lebih lanjut dipaparkan RY,  bahwa untuk penerimaan pembiayaan daerah, setelah pembahasan mengalami kenaikan yang cukup besar yaitu sebesar Rp. 230,089 Milyar atau naik 172,31 persen. Kenaikan tersebut sebagai hasil dari optimalisasi pencapaian target pendapatan daerah tahun 2012 yang melebihi target serta upaya efisiensi belanja tahun anggaran 2012 dari berbagai komponen, selain itu terdapat pula beberapa kegiatan yang dialokasikan kembali ditahun 2013.

Sedangkan pada komponen pengeluaran pembiayaan daerah, berdasarkan hasil pembahasan telah disepakati rencana penambahan penyertaan modal investasi daerah sebesar Rp.12,5 Milyar untuk perluasan usaha PT Prayoga Pertambangan dan Energi.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor yang berlangsung pada pukul 20.00 Wib. Rabu malam itu, dirangkaikan pula dengan Penetapan empat Raperda Menjadi Perda Kabupaten Bogor yang meliputi Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika, kemudian Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, selanjutnya Izin Gangguan, serta Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.  Selain itu juga disampaikan dua Raperda dalam Sidang DPRD tersebut, meliputi Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan, juga Raperda Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Layanan Pengadaan Barang/Jasa.   (IWA/DISKOMINFO)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s