Pemkab Purwakarta Akan Buka Jalur Sukasari-Jonggol

INILAH, Purwakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta berencana membuka jalur alternatif dari Sukasari menuju Jonggol (Bekasi). Saat ini, anggaran untuk membuka jalur tersebut sudah dipersiapkan sekitar Rp50 miliar.

Jalur tersebut, nantinya akan menjadi akses pembuka atas keterisolasian warga di Kecamatan Sukasari. Mengingat, dari 17 kecamatan yang ada, kecamatan tersebut berada di paling ujung seberang Waduk Jatilhur dan sangat sulit untuk dijangkau dengan menggunakan jalur darat.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengungkapkan, Kecamatan Sukasari merupakan satu-satunya wilayah di Purwakarta yang masih terisolasi. Untuk menuju kota kabupaten, warga tak bisa melalui jalur darat dan harus menggunakan perahu menyeberangi Waduk Jatiluhur. Akibatnya, aktivitas warga di kecamatan itu terganggu.

“Biasanya warga di Sukasari menggunakan transportasi air. Tapi, jalan darat dari Jatiluhur menuju Sukasari pun ada sebagian yang sudah diperbaiki,” ungkap Dedi, Selasa (12/2).

Jalur darat menuju Sukasari, lanjutnya, kondisinya sudah cukup bagus dengan kondisi dibeton. Namun, baru sampai Desa Kutamanah dan jalan di kecamatan tersebut belum 100% baik sehingga masih ada sejumlah desa yang terisolasi.

“Sebenarnya Sukasari memiliki potensi alam yang cukup tinggi. Salah satunya, perkebunan bambu milik rakyat. Bahkan, bambu asal Sukasari dipasarkan ke Jakarta dan daerah lain,” kata Dedi.

Untuk membuka jalur tersebut, lanjutnya, pemkab sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp50 miliar. Saat ini tim dari Dinas Bina Marga masih melakukan kajian untuk membuka jalur alternatif, Sukasari-Jonggol.

“Jika jalur ini sudah dibuka, masyarakat Sukasari bisa dengan mudah berniaga ke Jakarta dan daerah penyangganya,” cetus Dedi.

Infrastruktur terutama jalan, terangnya, sangat berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Untuk itu, sebelum mendorong terhadap pengembangan ekonomi rakyat, pihaknya ingin seluruh jalan di Purwakarta dalam kondisi bagus.[ang]

Sumber : inilahkoran.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s