Orang Terkenal di Jonggol

Berikut ini adalah daftar orang – orang terkenal di Jonggol dengan profesi yang berbeda – beda,  mungkin para pembaca yang lahir di pertengahan 90-an belum pernah mendengar namanya, tp secara umum mereka sangat terkenal di Jonggol. Berikut ini beberapa nama yang penulis kenal.

1. Mpek Lik Yan ( Mbah Lik Yan )

Mbah Lik Yan atau Mpek Lik Yan adalah seorang Tabib keturunan Tiong Hoa, beliau mempunyai spesialisasi untuk mengobati penyakit anak, dari mulai cacingan, anak cengeng, mata belekan dan lain-lain. Mungkin anak-anak di Jonggol yang lahir di tahun 80-an dan awal 90-an pernah merasakan manjurnya obat dari Mbah Lik Yan. Satu lagi metode pengobatan nya adalah dengan memberikan kalung kain berwarna kita, dan dipasangkan pada anak yang sakit, biasanya ini untuk mengobati anak yang cacingan.

2. Ko Encang
Ko Encang adalah pedagang terkenal di Jonggol. Di Tokonya beliau menjual peralatan Olaharaga, dari mulai sepak bola, Volly, buku Tangkis sampe lapangan karambol. Orang selalu mengasumsikan kalo mau membeli alat olahraga selalu bilang “beli aja di ko Encang”.

3. Mantri Kosim
Mantri Kosim di tahun 80-an dan awal 90-an sangat terkenal di Jonggol. Beliau adalah Mantri ( petugas kesehatan ) yang sangat di hormati dan dijadikan rujukan masyarakat ketika sakit. Beliau adalah Mantri yang bisa di jemput untuk mengobati dirumah pasien, saya masih ingat beliau kalo datang kerumah pasien suka membawa tas hitam khas dokter jaman dulu.

4. Bidan Emma
Kayanya semua orang Jonggol dari tahun 80an sampe kurun waktu 20 tahun setelahnya lahir berkat bantuan tangan dingin dari bidan emma deh. Sosoknya yang hangat dan keibuan membuat ibu – ibu hamil pasrah untuk menggantungkan nyawa mereka ketika menjalani proses persalinan di tangan bidan yang satu ini. Bahkan setelah beliau pensiun pun masih banyak pasien yang datang.

5. Bah Kek Lam
Tokoh selanjutnya adalah Bah Kek Lam, beliau adalah pedagang meubel terkenal. Setiap kali ada warga yang mau menikahkan anaknya dan membeli perabotan maka mereka membelinya di Bah Kek Lam. Toko nya gak jauh dari Tapekong Jonggol. Dan sampai sekarang toko Meubelnya masih bertahan bahkan bertambah besar.

6. Ko Pipih
Inilah tokoh Otomotif di Jonggol, beliau adalah pemilik Dealer Sepeda Motor di Jonggol. Tapi sebenarnya yang bikin beliau semakin terkenal adalah Rumah Makan Jatinunggal.

7. Ko Apeng

Ko Apeng adalah pedagang obat terkenal. Obat yang beliau jual kebanyakan obat China. Dan  banyak obat tradiosional lain yang beliau jual. Dan beliau tak segan-segan suka memberi tips meramu obat tradisional bagi para pelanggannya.

Itulah beberapa tokoh di Jonggol yang secara umum dikenal luas oleh masyarakat, bukan saja olah warga sekitar tempat tinggal beliau, tapi hampir semua warga kecamatan Jonggol mengenal nama mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s