78 Ribu Orang Lebih Siap Jadi Penduduk Planet Mars

INILAH.COM, New York – Lebih dari 78 ribu orang dikabarkan telah mengirimkan aplikasi lamaran menjadi astronot untuk tinggal selamanya di Planet Mars. Apakah Anda salah satunya?

Puluhan ribu orang tersebut siap dipilih menjadi empat orang astronot yang akan dibawa ke Planet Mars oleh perusahaan nirlaba Mars One setiap dua tahun, dimulai pada April 2023 untuk membentuk sebuah koloni penduduk baru di planet merah tersebut.

Proses perekrutannya akan dimulai pada Juli 2013. Mars One juga didukung oleh fisikawan pemenang nobel Gerardt Hooft.

“Ini adalah program luar biasa dari orang-orang yang memiliki visi dan imajinasi,” tuturnya. “Tapi reaksi awal saya sebelumnya mungkin sama seperti orang yang pertama kali melihat misi ini, ini tidak akan pernah terjadi,” kata Hooft.

Dengan rencana pembentukan koloni, pada Juli 2015 Mars One ingin memiliki 24 astronot yang disusun dalam enam tim yang masing-masing berisi empat orang.

Tim tersebut kemudian akan menghadapi pelatihan selama tujuh tahun, termasuk selama tiga bulan dalam replika dari koloni Mars.

Untuk para astronot yang terpilih, mereka harus siap mengucapkan selamat tinggal pada bumi dan seluruh relasinya di sini selamanya, karena organisasi ini tidak berencana untuk membawa astronot itu kembali ke bumi dan harus menghabiskan sisa hidup mereka di Mars.

Proyek ini telah mengumpulkan pelamar dari lebih 120 negara di dunia sejauh ini. Pelamar kebanyakan berasal dari AS (17.324 orang), diikuti China (10.241) dan Inggris (3.581). Rusia, Meksiko, Brasil, Kanada, Kolombia, Argentina dan India juga ‘mengirim’ sejumlah besar pelamar.

“Ini akan berubah menjadi pekerjaan paling diinginkan dalam sejarah,” kata Bas Lansdorp, CEO sekaligus pendiri Mars One seperti diwartakan FOXnews. “Angka-angka tersebut sesuai tujuan kami dengan setengah juta pelamar,” tandasnya.

Para pelamar diminta menjelaskan motivasi mereka untuk pergi ke Mars dalam sebuah video singkat berdurasi satu menit untuk proses seleksi awal dari aplikasi lamaran, beberapa di antaranya bahkan telah ditampilkan di YouTube.

Namun untuk mencegah orang-orang tidak serius dan hanya membuang-buang waktu, Mars One memberlakukan tarif registrasi dari US$5 sampai US$75, tergantung dari negara si pelamar.

Ilmuwan Amerika dan penulis fiksi ilmiah yang memenangi penghargaan, David Brin, bahkan juga mengirimkan aplikasi lamaran dan mengatakan jika nantinya terpilih, ia akan berusaha keras untuk bertahan hidup dan mengumpulkan data ilmiah untuk membantu generasi berikutnya dari koloni.

Apakah Anda juga berminat? Jika ya, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang lowongan tersebut di tautan berikut yang masih dibuka hingga 31 Agustus 2013. [ikh]

Sumber : ROL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s