Kades Termuda Kabupaten Bogor Berusia 26 Tahun

BOGOR-KITA.com –  Benar kata pepatah, “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”. Hal tersebut terjadi pada seorang Abdul Aziz Anwar, yang baru berusia 26 tahun. Pria yang kini resmi menjabat Kepala Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede ini, tercatat sebagai kades termuda di Kecamatan Bojonggede.

Walau masih berusia sangat belia, jangan ragukan kepiawaian Aziz. Ayah dua anak ini, mewarisi darah kepemimpinan dari sang ayah, Acang Anwar yang juga pernah menjabat sebagai Kades Cimanggis periode 2008-2013. Tak terasa sedikit pun tercermin rasa canggung di wajah Aziz saat mengikuti pelantikan 202 kepala desa. Dia muda bergaul kepala desa yang lain. Kata-kata yang meluncur dari mulutnya juga mencerminkan dirinya sebagai kades meyakinkan. “Alhamdulillah, ini adalah sebuah amanah yang harus diemban dan dikerjakan dengan sebaik mungkin,” ujarnya kepada PAKAR, usai pelantikan di Gedung Tegar Beriman Pemkab Bogor, Cibinong. Senin (15/4).

Aziz kemudian menceritakan jejak rekamnya memilih jalan untuk mengabdikan diri sebagai orang nomor satu di wilayah yang menjadi tanah kelahirannya itu. “Ini semua tak terlepas dari peran sang ayah yang begitu kuat mendorongnya terjun dalam pemilihan kepala desa,” katanya.

Namun, bukan Aziz kalau hanya mengamini apa kata ayah. Jiwa kepemimpinan sudah mengakar di sanubari Aziz. Itulah kemudian faktor utama yang mendorongnya maju bertarung dalam pilkades, sekaligus bekal menghadapi pertarungan dengan calon kades lain. Walhasil, dorongan masyarakat yang begitu besar terhadap dirinya, membuatnya semakin kukuh maju. “Walau ada pengaruh sang ayah, tetapi yang membuat saya memutuskan maju bertarung dalam pilkades adalah besarnya dorongan dari masyarakat. Itulah yang menjadi dasar bagi saya memutuskan dan memberanikan diri ikut dalam pencalonan kepala desa. Itu pula yang membuat saya percaya diri seolah kemenangan sudah di tangan walau belum bertarung,” kata Aziz.

Hasilnya? “Alhamdulillah, masyarakat memang benar-benar menginginkan saya menjadi Kades Cimanggis. Itu dibuktikan dari jumlah suara, di mana saya berhasil meraih 70 persen suara,” cerita Aziz.

Lalu apa arti kekuasaan bagi Aziz

Bagi Aziz, jabatan kepala desa merupakan pengalaman baru dalam hidupnya. Walau demikian, Aziz mengaku tidak akan berlama-lama belajar. Terlebih, Desa Cimanggis pernah menjadi desa terbaik dan mewakili Kabupaten Bogor dalam lomba desa. “Kekuasaan adalah alat untuk mengelola sebuah wilayah untuk kemakmuran warganya. Ini akan menjadi pijakan saya dalam mengemban amanah ini,” tegasnya.

Aziz berjanji segera menemukan ritme sebagai seorang pemimpin, dan pada saat bersamaan mencanangkan pemerataan pembangunan bagi warganya antara lain dengan memacu pembangunan infrastruktur. “Ini akan menjadi target dalam program kerja saya,” pungkas Aziz. [] Harian PAKAR/Admin

2 thoughts on “Kades Termuda Kabupaten Bogor Berusia 26 Tahun”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s