Mengatasi Masalah “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded” pada Windows 7

Beberapa hari yang lalu saya mengalami masalah tidak bisa login Windows 7,  pesan errornya adalah “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded” , pilihannya cuma bisa shutdown atau restart. Jika restart windows tidak mengatasi masalah ini, lakukan langkah-langkah seperti yang saya alami beberapa hari lalu:

1. Restart Windows dan tekan F8 untuk masuk ke Safe Mode.

2. Buka ke registry editor, caranya ketik regedit pada Start Menu > Search kemudian Enter.

3. Kemudian eksplore ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList  , tampak ada dua folder yang dengan nama berawalan S-1-5 (SID key) diikuti dengan nomor panjang.

4. Pada diatas ada dua S-1-5 (SID key) diikuti dengan nomor panjang yang sama persis (satu berakhiran .bak dan satunya tanpa .bak), lakukan seperti berikut:

a. klik kanan dan pilih rename pada folder tanpa .bak, tambahi akhiran .bk pada folder tersebut.

b. klik kanan dan pilih rename pada folder yang berakhiran .bak, buang akhiran .bak

5. Pilih folder tanpa .bak, pada panel sebelah kanan dobel klik RefCount dan ketik 0 (baca angka nol)  pada value data  kemudian klik OK.

6. Seperti langkah 5, pada folder tanpa .bak, pada panel sebelah kanan dobel klik State dan ketik 0 (baca angka nol)  pada value data  kemudian klik OK.

7. Tampilan akhir adalah seperti gambar dibawah ini, jika sudah, tutup registry editor kemudian Restart Windows dan login seperti biasa.

OK itu saja, sebenarnya ada cara lain selain cara di atas, yaitu setelah masuk user profile lain (level Administrator) atau masuk Safe Mode tinggal buat user profile lain dan copy semua file user yang tidak bisa di load ke user profile baru. Namun cara ini menurut saya malah ribet dan lebih lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s